facebook

Senin, 19 Maret 2012

MADIN AL-WAHID

KRITIK DAN SARAN ANDA SANGAT KAMI BUTUHKAN UNTUK PERBAIKAN BLOG INI SYUKRON
KILAS MADIN AL - WAHID

MADIN AL - WAHID STAIN JEMBER  merupakan  komunitas Mahasiswa dan Mahasiswi  yang terdiri dari para Guru atau Ustadz dan Ustadzah yang  melanjutkan studinya  ke jenjang S-1 di jurusan tarbiyah program studi PAI dengan mendapatkan beasiswa penuh sampai lulus . Beasiswa penuh tersebut diperoleh berkat  kerjasama antara STAIN Jember dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Program Peningkatan Kualifikasi Guru Madin/Ponpes yang diprakarsai oleh Gubernur Jawa Timur Dr.H.Soekarwa (Pak De Karwo) .

Untuk memperoleh Beasiswa kuliah ini,  mahasiswa perlu 'berebut' dan 'bersaing' dengan peserta yang lain, karena kuota yang disediakan hanya sekitar 30 orang, sedangkan yang mendaftar ada sekitar  100 orang yang sebagian besar dari pesertanya tersebut didominasi dari kalangan Pondok Pesantren. Jadi persaingannya lumayan ketat. Adapun  materi yang diujikan adalah kitab kuning  meliputi kitab Fathul Qorib, Riyadussolihin, Nahwu dan Sharraf.

Mahasiswa yang lulus ujian melalui seleksi ini berhak kuliah di STAIN Jember  dengan mendapatkan Beasiswa penuh dalam satu Jurusan dan program studi  yang sama yaitu di Jurusan Tarbiyah Program Studi PAI. Sampai saat ini jumlah Mahasiswa Madin Al Wahid ada 29 orang, 1 orang berhenti karena alasan keluarga. Lulusan Madin STAIN ini nantinya diwajibkan kembali lagi ke lembaganya masing-masing untuk berbagi ilmu pengetahuan yang sudah didapat dari bangku kuliah dan mampu melanjutkan misi STAIN Jember yaitu mengembangkan IPTEK dan IMTAQ yang berguna bagi masyarakat , Bangsa dan Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar