facebook

Kamis, 07 Februari 2013

Kerjasama dengan Dua Universitas Asal Bangkok dan Thailand



HUMAS-Keinginan untuk membawa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember menuju pada level Internasional terus digenjot, kali ini Tim Kerjasama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember dalam waktu sepekan melakukan kerjasama dengan dua Universitas asal Bangkok dan Thailand.Masing-masing dua universitas itu adalah 

Chulalongkorn university of bangkok (Halal Science Center) dan Bhurapa University Thailand. Selain untuk keperluan menunjang kemampuan akademik bagi mahasiswa dan Dosen, kerjasama ini juga dalam rangka melaksanakan misi pengembangan pendidikan yang hingga kini terus dilakukan, termasuk upaya untuk melakukan peralihan status menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Bisa diketahui, keinginan STAIN Jember agar bisa mengirim dosen atau mahasiwa ke perguruan tinggi mereka dalam kerjasama ini sangat disambut antusias oleh kedua universitas mitra, karena kerjasama ini sesuai dengan  kalender akademik mereka, seperti diungkapkan oleh Prof. Pinchai, P.hd, departemen hubungan luar negeri Bhurapa University Thailand.

“Kerjasama ini sangat baik untuk pengembangan akademik bagi mahasiswa dan dosen, praktinya mahasiswa internasional dapat mengkuti program ini dalam satu semester atau 3 bulan di bhurapa university thailand. Dikatakan olehnya bahwa hingga kini, ada beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi asal indonesia yg mengirimkan mahasiswa atau dosen untuk melakukan pendidikan dan penelitian, sedangkan STAIN Jember adalah satu-satunya perguruan tinggi yang langsung meginjakkan kaki di bhurapa university thailand untuk kepentingan kerjasama, kami sangat merasa mendapatkan kepercayaan yang besar,” Tutur Pinchai kepada tim kerjasama.

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh  Assitentence Director Chulalongkorn university of bangkok (Halal Science Center), Sulida Whangchi. Menurutnya kerjasama ini dinilai sangat penting dan strategis untuk keperluan peningkatan kemampuan akademik bagi mahasiswa dan dosen khususnya menyangkut kebijakan halal dan haram sebagaimana yang dikembangkan secara pesat oleh perguruan tinggi kami, Hingga saat ini lembaga kami juga berfungsi sebagai laboratorium penguji apakah produk dari suatu perusahaan itu halal atau tidak, diakui olehnya thailand merupakan salah satu negara exportir terbesar untuk negara-negara di timur tengah, karenanya persoalan kebijakan label halal ini menjadi salah satu bagian yang diperhatikan secara serius, karena itu keinginan STAIN Jember untuk mempelajari apa yang ada di lembaga ini, akan kami sambut dengan senang hati” Ungkap Sulida.

Menanggapi ragam sambutan itu, Asy’ari, M.Pd salah satu tim kerjasama yang hadir dalam kegiatan itu menegaskan kerjasama ini adalah langkah awal yang sudah dilakukan oleh tim kerjasama guna memberikan sarana bagi dosen dan mahasiswa STAIN Jember dalam pengembangan akademik, “praktiknya kedepan STAIN Jember bisa mengirimkan dosen ataupun mahasiswanya untuk mengikuti training, penelitian dan juga pendidikan di dua universitas ini”. Ungkap Asy’ari.

Sementara berdasarkan keterangan Humas STAIN Jember, Minan Jauhari, M.Si. Tim kerjasama STAIN Jember yang ikut hadir dalam kerjasama di dua universitas ini masing-masing adalah Pembantu Ketua Bidang Administrasi Umum, Drs. H. Ahmad Mutohar, MM, Pembantu Ketua Bidang Kemahasiswaan, Drs. H. Sukarno, M.Si dan Asy’ari, M.Pd Ketua Unit Pengembangan Bahasa (UPB). “Tim melakukan road show di dua universitas asal Bangkok dan Thailand, dipastikan usai melakukan penanda tanganan kerjasama ini akan dilakukan tindak lanjut yang lebih nyata”. Tegas Minan. (Minan Jauhari/Roni/HUMAS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar